Selasa, 25 November 2014

Wikipedia(New Media Pembelajaran)



Halo para blogger… ternyata tugas yang kemarin salah… hahaha, tugas yang bener di suruh cari aplikasi new media tentang pendidikan... untung belum deadline, jadi masih banyak waktu buat benerin… nah kali ini gw mau bahas-bahas dikit tentang Wikipedia. Kenapa Wikipedia?? Hahaha, karena seperti yang kita ketahui, ini adalah aplikasi new media pembelajaran yang amat sangat populer di kalangan siswa SD sampe anak kuliahan… jadi gw bahas aja sedikit seluk beluk nya tentang Wikipedia ini ya.
Menurut dirinya sendiri, Wikipedia adalah sebuah proyek bersama untuk mewujudkan ensiklopedia terlengkap dalam semua bahasa di dunia, termasuk bahasa Indonesia, komunitas online dari orang-orang yang tertarik dalam membangun ensiklopedia berkualitas tinggi dalam semangat saling menghormati.
Wikipedia sendiri mempunyai banyak sekali fitur… tapi mungkin yang akan saya bahas disini hanya fitur-fitur penting nya saja ya.

1.Fitur Bahasa
Wikipedia memiliki banyak sekali bahasa, kurang lebih ada 257 bahasa. Bahkan bisa dibilang hampir semua bahasa ada di Wikipedia, mulai dari bahasa inggris sampai bahasa Indonesia semua ada di Wikipedia.




2.    Fitur Daftar Isi
Fitur ini berfungsi untuk mencari data-data yang berkaitan dengan data yang kita cari, misalnya kita mencari tentang Wikipedia, maka daftar isi ini akan mengeluarkan data-data lain yang berhubungan dengan Wikipedia.


3.Fitur Sunting

Fitur sunting ini berfungsi untuk memberbaiki/melengkapi artikel yang sudah ada, jadi misalnya artikel yang kita baca kurang lengkap, kita bisa menambahkan tulisan pada artikel tersebut.




4.Fitur hyperlink
Fitur ini berfungsi untuk membuka halaman baru yang isi nya menjelaskan tentang kata tau kalimat yang terhyperlink. Tujuan hyperlink ini adalah agar kita lebih mengerti tentang artikel yang kita baca, jadi kalo ada kata-kata yang kita ga ngerti kita bisa klik tombol hyperlink ini, nanti dia otomatis cari tau arti dari kata-kata tersebut.
Hyperlink ini identik dengan warna biru, jadi kalo ada warna biru-biru nya di tulisan tanda nya itu bisa di hyperlink.



5.Konten
konten berisi suggest artikel yang bisa kita baca.



6.Bagikan
Fitur ini digunakan untuk membagikan halaman yang kita baca kepada kerabat atau orang lain.



Dan masih banyak fitur-fitur lain nya yang terlalu banyak untuk di jelasin… oke, selesai fitur kita langsung masuk ke cara penggunaan nya.
Wikipedia sendiri bisa digunakan oleh siapa saja dan darimana saja tanpa harus mendaftar, tapi disini gw bakal jelasin dari cara mendaftar.

1.Daftar Wikipedia dengan cara klik tulisan buat akun baru di pojok kanan atas. Atau jika kita sudah memiliki id kita bisa langsung login dengan mengklik tulisan masuk log.


 


2.Isi lembar data yang disediakan oleh Wikipedia. Isi captcha nya kemudian klik buat akun saya.

3.Anda sudah memiliki akun, dan anda akan langsung di direct ke halaman utama. Untuk memulai menggunakan silahkan masukan keyword artikel yang anda butuhkan di search box.




Nah… gampang kan? Kurang lebih begitu yang bisa gw bagikan tentang Wikipedia ini… semoga berguna dan bermanfaat ya… :)
Kalo ada kesalahan mohon ampun, dan kalo mau nanya-nanya boleh tinggalin di box komentar :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar