Minggu, 19 Oktober 2014

Internet Dan New Media

Setelah sekian lama vacuum dari dunia blog kali ini gw balik lagi buat melengkapi tugas softskill gw... hahaha, ketauan banget ya nge blog cuma buat lengkapin nilai tugas aja... -.-
oke lanjut, langsung aja kali ini kita bakal bahas tentang Internet dan New Media, bahasan nya bakal berisi tentang sejarah internet, pengertian new media, contoh new media, dan cara penggunaan nya... sebener nya isi blog gw ini cuma rangkuman dari blog2 lain yang gw copas dan gw taro blog gw... hahaha maklum mahasiswa, cerdas nya keterlaluan... oke langsung aja ke sejarah internet...



SEJARAH INTERNET
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun1969, melalui proyek ARPAyang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardwaredan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

SEJARAH INTERNET DUNIA
Sejarah Internet dimulai pada tahun 60-an, yaitu ketika Levi C. Finch dan Robert W. Taylor mulai melakukan penelitian tentang jaringan global dan masalah interoperabilitas. Selanjutnya, beberapa program penelitian mulai dilakukan untuk melihat mekanisme pengaitan jaringan-jaringan yang berbeda secara fisik. Salah satu solusi yang muncul dari penelitian-penelitian tersebut adalah teknik packet switching. Pada teknik packet switching, data atau file berukuran besar yang akan dikirim melalui jaringan komputer terlebih dahulu dipotong menjadi paket kecil-kecil agar lebih mudah ditangani dan lebih Andal. Peneliti utama dalam pengembangan packet switching ini adalah Donald Davies (NPL), Paul Baran (RAND Corporation), Leonard Kleinrock dan kawan-kawan (MIT) dan UCLA Research Programs.

         Pada tahun 1969, Robert Taylor yang baru dipromosikan sebagai kepala kantor pemrosesan informasi di DARPA (Badan Riset Angkatan Bersenjata Amerika Serikat) bermaksud mengimplementaskan ide untuk membuat sistem jaringan yang saling terhubung. Bersama Larry Robert dari MIT, Robert Taylor memulai proyek yang kemudian dikenal sebagai ARPANET. Sambungan pertama ARPANET terbentuk antara University of California, Los Angeles (UCLA) dan Stanford Research Institute (SRI) pada jam 22:30 tanggal 29 Oktober 1969. Pada tanggal 5 Desember 1969, ada dua jaringan lagi yang yang bergabung, yakni University of Utah dan University of California, Santa Barbara sehingga total terdapat empat (4) simpul jaringan. ARPANET yang berbasis pada teknologi ALOHAnet berkembang sangat cepat. Pada tahun 1981, jumlah simpul yang tersambung menjadi 213.

        Selain jaringan untuk penelitian seperti ARPANET dan X.25, para hobbiis komputer juga mengembangkan teknik jaringan sendiri yang kemudian cukup populer, yaitu UUCP. Masalah terbesar pada teknik ini adalah bagaimana supaya berbagai jenis peralatan jaringan, seperti telepon, radio, kabel LAN yang secara fisik sangat berbeda dapat berkomunikasi satu sama lain. Keberagaman media fisik jaringan mendorong pengembangan tatacara komunikasi (protokol komunikasi) yang mampu melakukan internetworking, sehingga banyak jaringan kecil dapat saling tersambung menjadi satu menjadi jaringan komputer maha besar.

          Kumpulan tata cara komunikasi atau protokol Internet memungkinkan jaringan komputer dibangun menggunakan saluran fisik yang berbeda. Dalam bahasa yang sederhana, komputer yang terhubung menggunakan telepon, dapat berkomunikasi dengan komputer yang tersambung ke jaringan LAN maupun jaringan radio. Hal ini mendorong terjadinya inter-network (antar jaringan) secara global yang kemudian hari kita kenal sebagai “Internet”.

        Selain protokol Internet, hal lain yang tidak kalah penting dalam perkembangan Internet adalah metode pengalamatan di Internet. Jon Postel dari Information Science Institute (ISI) di University of Southern California (USC) adalah orang yang sangat berjasa di balik berbagai alokasi alamat IP Internet, manajemen Domain Name System (DNS), tipe media, dan berbagai alokasi nomor untuk tata cara komunikasi penting di Internet. Hingga wafatnya pada tanggal 16 Oktober 1998, Jon Postel mengelola Internet Assigned Numbers Authority (IANA). Pada tanggal 21 Juli 1998, Jon Postel memperoleh Silver Medal dari International Telecommunications Union (ITU) atas jasa-jasanya membangun Internet di dunia. Saat ini, IANA dioperasikan oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).

Komersialisasi dan privatisasi Internet mulai terjadi pada tahun 1980-an di Amerika Serikat dengan di ijinkannya Internet Service Provider (ISP) untuk beroperasi. Internet mulai booming pada tahun 1990-an. dan menjadi kunci pemicu perubahan dalam budaya dan dunia usaha. Internet menawarkan pola komunikasi cepat menggunakan e-mail, diskusi bebas di forum, dan Web.


Nah, kurang lebih begitu sejarah internet... pusing ya baca nya? sama... hahaha
kita lanjut ke pengertian+contoh new media :)



Definisi New Media
New Media adalah media yang didalamnya terdiri dari gabungan berbagai elemen. Itu artinya terdapat konvergensi media di dalamnya, dimana beberapa media dijadikan satu, itu baru disebut new media. Contohnya : Seperti QuickTime movies, suara yang dimasukkan secara terpisah dan berjalan selama film berjalan. Karena tiap-tiap elemen memiliki independensi masing-masing, maka masing-masing dapat dimodifikasi / di-edit kapanpun.
               New Media adalah media dapat mengoperasikan sifat otomatis dalam berbagai perangkatnya. Contohnya: Program edit gambar seperti Photoshop dapat dengan otomatis memperbaiki gambar hasil scan, membersihkan gambar dan meningkatkan kontras gambar.
            Lev Manovich dalam pengantar Reader New Media, New Media mendefinisikan dengan menggunakan delapan proposisi sederhana dan ringkas: 

1.    Media baru versus Cyberculture - Cyberculture adalah berbagai fenomena sosial yang berkaitan dengan internet dan jaringan komunikasi (blog, online multi-player game), sedangkan New Media adalah lebih peduli dengan benda-benda budaya dan paradigma (digital untuk televisi analog, iPhone).
2.     
New Media sebagai Teknologi Komputer Digunakan sebagai Platform Distribusi - New Media adalah obyek budaya yang menggunakan teknologi komputer digital untuk distribusi dan pameran. misalnya (setidaknya untuk sekarang) internet, situs Web, multimedia komputer, Blu-ray disk dll Masalah dengan hal ini adalah bahwa definisi harus direvisi setiap beberapa tahun. Istilah "media baru" tidak akan "baru" lagi, karena kebanyakan bentuk budaya akan didistribusikan melalui komputer. 

3.    New Media sebagai Data Digital Dikendalikan oleh Software - Bahasa New Media didasarkan pada asumsi bahwa, pada kenyataannya, semua benda budaya yang mengandalkan representasi digital dan komputer-berbasis pengiriman melakukan berbagi sejumlah kualitas umum. Media baru dikurangi menjadi data digital yang dapat dimanipulasi oleh perangkat lunak sebagai data lainnya. Sekarang operasi media dapat membuat beberapa versi dari objek yang sama. Contohnya adalah gambar disimpan sebagai data matriks yang dapat dimanipulasi dan diubah sesuai dengan algoritma tambahan yang diimplementasikan, seperti inversi warna, abu-abu-skala, mengasah, rasterizing, dll 

4.    New Media sebagai Mix Budaya Antara Konvensi yang ada dan Konvensi Perangkat Lunak - "Media Baru hari ini dapat dipahami sebagai campuran antara konvensi budaya yang lebih tua untuk representasi data, akses, dan manipulasi dan konvensi terbaru dari representasi data, akses, dan manipulasi itu. "tua" Data adalah representasi dari realitas visual dan pengalaman manusia, dan "baru" Data adalah data numerik komputer ini terus keluar dari tombol "kreatif" keputusan, dan didelegasikan kepada posisi teknisi.. " misalnya Dalam film, perangkat lunak digunakan di beberapa daerah produksi, dalam diri orang lain dibuat menggunakan animasi komputer. 

5.    New Media sebagai Estetika yang menemani Tahap Awal Baru Setiap Media modern dan Teknologi Komunikasi - "Sementara kiasan ideologis memang tampaknya akan muncul kembali lebih teratur, strategi estetik banyak mungkin muncul kembali dua atau tiga kali ... Agar pendekatan ini akan benar-benar berguna itu tidak akan cukup untuk hanya nama strategi dan kiasan dan untuk merekam momen penampilan mereka, melainkan kita harus mengembangkan analisis yang komprehensif banyak lagi yang berkorelasi sejarah teknologi dengan sosial, sejarah politik, dan ekonomis atau periode modern. " 

6.    New Media sebagai Eksekusi Cepat Eksekusi Algoritma Sebelumnya secara manual atau melalui Teknologi Lain - Komputer adalah mempercepat-besar apa yang sebelumnya teknik manual. kalkulator misalnya. "Secara dramatis mempercepat eksekusi membuat mungkin sebelumnya tidak ada teknik yang representasional." Hal ini juga memungkinkan banyak bentuk-bentuk baru seni media seperti multimedia interaktif dan permainan komputer. "Pada satu tingkat, sebuah komputer digital modern hanyalah sebuah kalkulator cepat, kita tidak harus mengabaikan identitas lainnya:. Yang dari alat kontrol sibernetik" 

7.    New Media sebagai Encoding dari Avant-Garde Modernis;. New Media sebagai Metamedia - Manovich menyatakan bahwa tahun 1920 lebih relevan dengan New Media daripada jangka waktu lainnya Meta-media yang bertepatan dengan postmodernisme dalam bahwa mereka berdua bekerja mengolah tua daripada menciptakan yang baru bekerja. Media baru avant-garde "adalah tentang cara-cara baru untuk mengakses dan memanipulasi informasi" (hypermedia misalnya, database, mesin pencari, dll). Meta-media adalah sebuah contoh bagaimana kuantitas dapat berubah menjadi kualitas seperti dalam teknologi media baru dan teknik manipulasi dapat "recode estetika modernis menjadi estetika postmodern sangat berbeda." 

New Media sebagai Artikulasi Paralel Gagasan serupa di Pasca-Perang Dunia II Seni dan Komputasi Modern - Pasang Seni Perang Dunia II atau "kombinatorik" melibatkan menciptakan gambar dengan sistematis mengubah parameter tunggal. Hal ini mengarah pada penciptaan atau gambar sangat mirip dan struktur spasial. "Ini menggambarkan bahwa algoritma, ini bagian penting dari media baru, tidak tergantung pada teknologi, tetapi dapat dijalankan oleh manusia.”

Contoh Aplikasi New Media: 
-Twitter
-Facebook
-Friendster
-Path
-Instagram
-Dll 

Analisis 2 Contoh dari Aplikasi New Media :
Twitter


Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006.
Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets).
Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.

Kelebihan twitter adalah :

1. Alat komunikasi yang cepat dan tanggap.

2. Semua orang bisa mengikuti orang lain, kecuali diblokir.

3. Tak perlu log in untuk mendapatkan update, karena bisa menggunakan pembaca RSS.

4. Navigasi yang mudah dan tampilan yang sederhana.

5. Pengguna yang memiliki banyak pengikut, berpotensi mendatangkan iklan, sehingga bisa menguntungkan penggunanya.

6. Bisa mengganti tema, background, maupun warnanya.

7. Bebas dari banner iklan

8. Mudah dinavigasi dan memperbarui, “link to” dan mempromosikan apapun.

9. Menjangkau lebih luas tidak hanya antara teman

10. Satu feed untuk semua pengguna dan siapa pun dapat mengikuti orang lain kecuali diblokir

11. Alat komunikasi yang murni dan cepat tanggap

12. Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka

14. Banyak aplikasi lain maupun widget yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll)

15. Pesan teks SMS berpotensi untuk memberi pendapatan dari jaringan nirkabel

16. Potensi periklanan di masa mendatang atau perusahaan berbasis langganan

17. Twitter mungkin lebih terukur dari Facebook dan memberikan keuntungan biaya



Kekurangan twitter adalah :

1. Terbatas hanya bisa menuliskan teks 140 karakter.

2. Mudah disalahgunakan untuk melakukan spam.

3. Belum jelas bagaimana strategi monetisasinya.

4. Tidak bisa mengelompokkan mana teman, keluarga, atau orang lain.

5. Tidak dapat menulis informasi profil lengkap pemiliknya.

6. Kemampuan terbatas: menemukan orang-orang, mengirim pesan singkat, balasan langsung

7. Tidak semua orang menemukan manfaat langsungnya

8. Lebih menekankan pada penghitungan follower

9. Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan

10. Relatif lebih kecil basis pengguna diinstal

11. Belum ada strategi keuangan yang mudah dan jelas
  
Facebook


Facebook adalah salah satu dari sekian banyak Social Network atau Situs Jejaring Sosial yang ada di jagad web. Bila anda sebelumnya telah mengenal MySpace atau Friendster, maka Facebook pun tak jauh berbeda seperti kedua Social Network tersebut. Facebook pertama kali hadir pada bulan Februari 2004 dengan Mark Zuckerberg sebagai pendirinya. Di awal-awal berdirinya, Facebook hanya ditujukan untuk kalangan Mahasiswa Universitas Harvard. Baru di tahun 2005 Facebook membuka keanggotaan untuk kalangan anak sekolah. Setahun kemudian tepatnya tahun 2006 Facebook membuka keanggotaan secara universal alias siapa saja, dari belahan bumi manapun, orang bisa bergabung dengan Facebook
Manfaat Facebook
Facebook telah menjadi situs sosial networking terbesar saat ini, ada bagitu banyak manfaat facebook yang bisa kita gunakan. Berikut adalah beberapa manfaat facebook yang sangat terasa dalam kehidupan manusia di zaman sekarang ini Ala Koswara :
  • Sebagai Tempat Untuk Mencari Teman, manfaat yang paling terasa dari bintang adalah kita dapat menjumpai teman lama kita disini.
  • Tempat promosi, bisa menjadi media promosi yang sangat efektif. Saya sendiri sudah memanfaatkannya facebook dengan menggunakan Halaman The Koswara Blogs sebagai tempat promosi situs saya.
  • Tempat diskusi, salah satu fitur di situs jejaring sosial ini adalah group, yang berfungsi seperti forum. Anda bisa berdiskusi tentang apapun.
  • Sebagai Tempat Untuk Menjalin Hubungan, Contohnya mencari pacar, karena di facebook mudah saja kita mendapatkan seorang pacar.
  • Sebagai Tempat Belajar Dan Bermain, disamping untuk bermain, di facebook juga bisa digunakan untuk mempelajari ilmu ilmu yang belum pernah kita temukan sebelumnya.
Kelebihan facebook adalah :

1. Tampilannya lebih sederhana dan clean, tidak banyak iklan yang dipajang disana-sini, hanya ada dua iklan saja yang otomatis berubah.

2. Memiliki fasilitas tag foto, jadi dalam sebuah foto kita bisa memberikan keterangan pada foto tersebut, ketika kursor mouse kita arahkan tentu saja akan berisi keterangan mengenai apa yang ada dalam foto tersebut, seperti nama masing-masing orang yang ada dalam foto.

3. Memiliki aplikasi yang jumlahnya cukup banyak.

4. Memiliki fasilitas chat, kita bisa chat secara langsung dengan teman kita kalau sedang online.

5. Memiliki fasilitas untuk mengiklankan produk atau usaha yang kita miliki.

6. Proses request friend yang tidak ribet, untuk merequest cukup dengan meng-add dan memasukan kode captcha(security code) saja.

7. Informasi yang ditampilkan di facebook umumnya adalah data personality yang dibuat dengan benar.

8. Memiliki fasilitas Privacy Setting, kamu bisa mengeset siapa saja yang boleh mengakses informasi di profile kamu, dan siapa yang tidak diperbolehkan.



Kekurangan facebook adalah :


1. Uncustomize, artinya facebook belum mengijinkan usernya untuk memodifikasi template, warna, kursor, background dan lainnya.

2. Banyaknya aplikasi yang di pasang di facebook terkadang membuat aksesnya menjadi lebih lambat, untuk itu mendingan kamu sesuaikan saja aplikasi sesuai dengan kebutuhan.

3. Facebook terkadang lama untuk di akses, mungkin karena usernya sudah banyak.

4. Fitur chat yang masih sangat sederhana.

5. Banyak user facebook lama(old facebook) yang tidak menyukai tampilan facebook yang baru.

Nah, sekarang gw mau kasih tau cara daftar dan menggunakan twitter.

Cara Membuat Akun Twitter

Cara Mendaftar di Twitter - Twitter adalah sosial network yang sangat booming didunia, setelah facebook. satu yang kas dari twitter ini adalah pengguna hanya dapat mengirim pesan text sepanjang 140 karakter yang kemudian dikenal dengan sebutan kicauan atau tweet. Walaupun sama sama jejaring sosial, facebook sangat berbeda dengan twitter, oleh karena itu mengapa setiap pengguna twitter pasti punya facebook.

Membuat Akun Twitter
1. buka halaman twitter.com
2. pada kotak new twitter, isilah nama, email dan password
3. kemudian lengkapi kembali data anda
4. sampai langkah ini, anda telah berhasil untuk membuat akun di twitter,, langkah langkah selanjutnya adalah pengenalan twitter, ikuti saja itruksi yang diberikan sampai selesai. tinggal next next doang kok


Setelah semuanya, jangan lupa tuk membuka email anda dan klik link verifikasi akun twitter anda
Cara Menggunakan Twitter

1. Melengkapi Profil 
Profil atau biografi adalah hal yang penting dalam jejaring sosial, karena ini mengenai tentang bagaimana seseorang mengenal Anda, jadi hal ini juga bereran langsung dalam meningkatkan follower Anda. Pada umumnya pengguna twitter lebih suka memfollow akun dengan biografi yang jelas. karena itu pastikan anda mengisinya dengan benar, tidak perlu terlihat cukup bagus, cukup dengan memberikan data singkat dan topiik yang kita sukai sehingga profil kita akan terlihat lebih menarik untuk difollow

2. Mengupdate Tweet
Sama halnya dengan mengupdate status di facebook, twitter juga demikian. Perbedaan yang paling mencolok diantara keduanya adalah pada twitter, tulisannya dibatasi sebanyak 140 karakter, kenapa? namanya juga kicauan,jadi tidak ada yang panjang. Selain tulisan, kita juga bisa menambahkan link dan foto pada tweet tersebut
3. Diskusi dengan kata kunci tertentu
Nah ini dia fitur yang baru baru ini juga terdapat di facebook. Fitur ini sendiri disebut juga dengan hastag, penggunaannya diawali dengan karakter pagar "#". Setiap pengguna dapat berkumpul dalam satu hastag. setelah di post, maka hastag tersebut muncul sebagai link, ketika kita klik linknya maka itulah pengguna yang sedang membicarakan hal yang sama dengan kita.

Dalam pengguanan Twitter, jauhkan diri anda dari hal hal berikut: 

1. Hanya memposting yang isinya Promosi
ini tidak berlaku bagi semua pengguna, kalau penggunanya memang menggunakan nama akun  dan logo untuk berjualan sih tidak masalah, nah bagaimana kalau individu yang melalukan itu, terus berulang ulang lagi, bisa bisa ia kehilangan  sebagian followernya
2. Terlalu pelit memfollow orang lain
terkadang twitter itu ia juga mengikuti hukum newton 3, F aksi = F reaksi. Kalau kita mau banyak yang follow, maka kita juga harus banyak memfollow orang. Entar setelah difollow jangan lupa tuk meninggalkan tweet di timeline nya,, "follbek ya :D "
Beberapa istilah penting Twitter

  • Reply: istilah ini digunakan jika kita ingin membalas tweet yang ditujukan pada kita. Maka dari itu, jika ingin memberi merespon atau membalas tweet orang yang kita ikuti bisa dengan klik tombol “Reply”.
  • ReTweet atau RT: istilah ini artinya mengulang dan digunakan untuk men-Tweet ulang Tweet seseorang yang kita anggap penting, bermanfaat, atau keren. Sehingga apa yang kita ReTweet tersebut akan dilihat juga oleh follower kita.
  • Follower (pengikut): istilah ini digunakan bagi mereka yang menjadi pengikut kita di Twitter. Para follower ini akan mendapatkan update dari tweet yang kita buat.
  • Following (mengikuti): istilah digunakan untuk akun twitter yang di ikuti. Maka jika kita mengikuti (following) akun twitter orang lain maka kita juga akan menerima update dari mereka.
  • @ (mention) : simbol @ tersebut disebut juga Mention yang berfungsi untuk memberi pesan atau seruan yang ditujukan pada orang yang follow kita. Misalnya menulis tweet “@Guecakep di tunggu traktiranya “, artinya pesan tersebut menyeru pada pemilik akun  twitter dengan ID Guecakep.
  • Trending Topic: Merupakan istilah yang digunakan untuk topik atau isu yang sedang booming ramai dibahas di Twitter. Trending topik ini bisa menampilkan topik trend secara global maupun regional, tergantung pengaturan kita.
  • Direct Message (DM) : Fitur yang digunakan untuk mengirim pesan pribadi dan hanya akan dilihat oleh penerima DM saja.
  • Connect : ini adalah fitur baru Twitter Connect yang berfungsi untuk mengetahui segala aktifitas yang terjadi di twitter, mulai dari mention, retweet, tweet favorit, orang yang mem-follow, dan interaksi pengguna dengan pengguna lain.
  Sekian Artikel Rangkuman gw kali ini... hahaha, semoga berguna buat kalian2 yang mau copas buat tugas softskill nya... :D

Special Thanks buat sumber2 di bawah ini :D
sumber :
http://laoderahmatputra.blogspot.com/2013/10/pengertian-new-media.html
http://lestariyunita10.blogspot.com/2013/09/sejarah-dan-perkembangan-internet-di.html
http://www.bangmu2.com/2013/06/kelebihan-dan-kekurangan-facebook-dan.html
http://koswarablogs.blogspot.com/2012/04/arti-manfaat-kerugian-dan-keuntungan.html?showComment=1413724674743#c5300031117600857867
http://echokita.blogspot.com/2014/02/cara-menggunakan-twitter.html?showComment=1413725154061#c2356821445021577631

Tidak ada komentar:

Posting Komentar