Sebulan telah berlalu... sekarang waktu nya tugas lagi... hahaha
oke, pada tugas kali ini gw dapet tugas buat memilih kemudian menjabarkan 1 aplikasi new media... dan aplikasi yang terpilih adalah.... jeng jeng jeng jeng!!! INSTAGRAM!! hahaha
kalo di tanya kenapa gw milih aplikasi ini, gw rasa jawaban nya udah jelas bahwa instagram adalah aplikasi new media yang paling simple ga banyak fitur ga banyak macem-macem. hahaha.
oke langsung aja kita masuk ke penjelasan singkat instagram.
Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peranti bergerak.
Instagram dapat digunakan di iPhone, iPad atau iPod Touch versi apapun dengan sistem operasi iOS 3.1.2 atau yang terbaru, dan telepon genggam Android apapun dengan sistem operasi versi 2.2 (Froyo) ke atas. Aplikasi ini dapat diunggah melalui Apple App Store dan Google Play.
Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Facebook setuju mengambil alih Instagram dengan nilai sekitar $1 miliar.
Fungsi dan kegunaan Instagram tidak hanya untuk berbagi foto saja, melainkan juga untuk menyunting foto-foto yang memiliki 16 efek yang dapat digunakan untuk menyunting foto. Dengan aplikasi Instagram, foto-foto Anda dapat diunggah melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter, foursquare, flickr, dan juga posterous.
Berikut adalah beberapa fitur yang bisa lu temuin di instagram :
Pengikut/Followers :
Pengikut/Followers :
Sistem sosial di dalam Instagram adalah
dengan menjadi mengikuti akun pengguna lainnya, atau memiliki pengikut
Instagram. Dengan demikian komunikasi antara sesama pengguna Instagram sendiri
dapat terjalin dengan memberikan tanda suka dan juga mengomentari foto-foto
yang telah diunggah oleh pengguna lainnya. Pengikut juga menjadi salah satu
unsur yang penting, dan jumlah tanda suka dari para pengikut sangat
mempengaruhi apakah foto tersebut dapat menjadi sebuah foto yang populer atau
tidak. Untuk menemukan teman-teman yang ada di dalam Instagram, dapat
menggunakan teman-teman mereka yang juga menggunakan Instagram melalui jejaring
sosial seperti Twitter dan juga Facebook.
Mengunggah Foto
Mengunggah Foto
Kegunaan utama dari Instagram adalah sebagai
tempat untuk mengunggah dan berbagi foto-foto kepada pengguna lainnya. Foto
yang ingin diunggah dapat diperoleh melalui kamera iDevice ataupun foto-foto
yang ada di album foto di iDevice tersebut.
Kamera
Kamera
Foto yang telah diambil melalui aplikasi Instagram dapat disimpan di dalam iDevice
tersebut. Penggunaan kamera melalui Instagram juga dapat
langsung menggunakan efek-efek yang ada, untuk mengatur pewarnaan dari foto
yang dikehendaki oleh sang pengguna. Ada juga efek kamera tilt-shift yang
fungsinya adalah untuk memfokuskan sebuah foto pada satu titik tertentu. Setelah
foto diambil melalui kamera di dalam Instagram, foto tersebut juga dapat
diputar arahnya sesuai dengan keinginan para pengguna.
Foto-foto yang akan diunggah melalui
Instagram tidak terbatas atas jumlah tertentu, namun Instagram memiliki
keterbatasan ukuran untuk foto. Ukuran yang digunakan di dalam Instagram adalah
dengan rasio 3:2 atau hanya sebatas berbentuk kotak saja. Para pengguna hanya
dapat mengunggah foto dengan format itu saja, atau harus menyunting foto
tersebut terlebih dahulu untuk menyesuaikan format yang ada. Setelah para
pengguna memilih sebuah foto untuk diunggah di dalam Instagram, maka pengguna
akan dibawa ke halaman selanjutnya untuk menyunting foto tersebut.
Efek Foto
Efek Foto
Pada versi awalnya, Instagram memiliki 15
efek foto yang dapat digunakan oleh para pengguna pada saat mereka hendak menyunting
fotonya. Efek tersebut terdiri dari: X-Pro II, Lomo-fi, Earlybird, Sutro,
Toaster, Brannan, Inkwell, Walden, Hefe, Apollo, Poprockeet, Nashville, Gotham,
1977, dan Lord Kelvin]. Pada tanggal 20 September 2011, Instagam telah
menambahkan 4 buah efek terbaru, yaitu Valencia, Amaro, Rise, Hudson, dan
menghapus 3 efek, Apollo, Poprockeet, dan Gotham. Dalam pengaplikasian efek,
para pengguna juga dapat menghilangkan bingkai-bingkai foto yang sudah termasuk
di dalam efek tersebut.
Fitur lainnya yang ada pada bagian
penyuntingan adalah tilt-shift yang fungsinya sama dengan efek
kamera melalui Instagram, yaitu untuk memfokuskan satu titik pada sebuah foto,
dan sekelilingnya menjadi buram. Dalam penggunaannya aplikasi tilt-shift memiliki
2 bentuk, yaitu persegi panjang dan bulat. Kedua bentuk tersebut dapat diatur
besar dan kecilnya dengan titik fokus yang diinginkan. Tilt-shift juga
mengatur rupa foto di sekeliling titik fokus tersebut, sehingga para pengguna
dapat mengatur tingkat keburaman pada sekeliling titik fokus di dalam foto
tersebut.
Judul Foto
Judul Foto
Setelah foto tersebut disunting, maka foto
akan dibawa ke halaman selanjutnya, dan foto tersebut akan diunggah ke dalam
Instagram ataupun ke jejaringan sosial lainnya. Di dalamnya tidak hanya ada
pilihan untuk mengunggah pada jejaring sosial atau tidak, tetapi juga untuk memasukkan
judul foto, dan menambahkan lokasi foto tersebut. Sebelum mengunggah sebuah
foto, para pengguna dapat memasukkan judul untuk menamai foto tersebut sesuai
dengan apa yang ada dipikiran para pengguna. Judul-judul tersebut dapat
digunakan pengguna untuk menyinggung pengguna Instagram lainnya dengan
mencantumkan nama akun dari orang tersebut. Para pengguna juga dapat memberikan
label pada judul foto tersebut, sebagai tanda untuk mengelompokkan foto
tersebut di dalam sebuah kategori.
Arobba
Arobba
Seperti Twitter dan juga Facebook, Instagram juga memiliki fitur yang dapat digunakan
penggunanya untuk menyinggung pengguna lainnya dengan manambahkan tanda arroba
(@) dan memasukkan nama akun Instagram dari pengguna tersebut. Para pengguna
tidak hanya dapat menyinggung pengguna lainnya di dalam judul foto, melainkan
juga pada bagian komentar foto. Pada dasarnya penyinggungan pengguna yang
lainnya dimaksudkan untuk berkomunikasi dengan pengguna yang telah disinggung
tersebut.
Label Foto
Label Foto
Sebuah label dalam
Instagram adalah sebuah kode yang memudahkan para pengguna untuk mencari foto
tersebut dengan menggunakan "kata kunci". Bila para pengguna
memberikan label pada sebuah foto, maka foto tersebut dapat lebih mudah untuk
ditemukan. Label itu sendiri dapat digunakan di dalam segala bentuk komunikasi
yang bersangkutan dengan foto itu sendiri. Para pengguna dapat memasukkan
namanya sendiri, tempat pengambilan foto tersebut, untuk memberitakan sebuah
acara, untuk menandakan bahwa foto tersebut mengikuti sebuah lomba, atau untuk
menandakan bahwa foto tersebut dihasilkan oleh anggota komunitas Instagram.
Foto yang telah diunggah dapat dicantumkann label yang sesuai dengan informasi
yang bersangkutan dengan foto. Pada saat ini, label adalah cara yang terbaik jika
pengguna hendak mempromosikan foto di dalam Instagram.
Perlombaan
Sebagai sebuah media untuk mengunggah foto,
salah satu kegunaan dari Instagram adalah sebagai ajang lomba fotografi. Di dalam perlombaan ini, para penyelenggara lomba
menggunakan tanda label untuk menandakan bahwa foto yang telah diunggah
tersebut telah mengikuti lomba tersebut. Sebuah perlombaan foto melalui
Instagram adalah salah satu cara untuk membuat sebuah produk lebih dikenal oleh
masyarakat luas. Penyelenggara juga memberikan jangka waktu tertentu agar makin
banyak pengguna dari Instagram yang mengikuti perlombaan tersebut. Pada
umumnya, perlombaan yang diadakan melalui Instagram ini tidak hanya memberikan
hadiah, melainkan juga dengan menjadi pemenang maka akan lebih dikenal lagi di
dalam dunia Instagram oleh para pengguna lainnya. Hal ini memungkinkan pengikut
dari pengguna Instagram tersebut akan bertambah banyak.
Publikasi kegiatan sosial
Sebagaimana kegunaan media sosial lainnya, Instagram menjadi sebuah media
untuk memberitahukan suatu kegiatan sosial dalam cakupan lokal ataupun mancanegara. Cara yang digunakan untuk mengikuti hal ini
adalah dengan menggunakan label Instagram. Dengan menggunakan label yang
membahas mengenai kegiatan sosial, maka makin banyak masyarakat yang mengikuti
hal tersebut. Dengan demikian Instagram menjadi salah satu alat promosi yang
baik dalam menyampaikan sebuah kegiatan itu. Contohnya seperti pada label
#thisisJapan yang dapat menarik perhatian para masyarakat international untuk
membantu bencana alam yang terjadi di Jepang
pada awal tahun lalu.
Publikasi
organisasi
Di dalam Instagram juga banyak
organisasi-organisasi yang mempublikasikan produk mereka. Contohnya saja
seperti Starbucks, Red Bull, Burberry, ataupun Levi’s. Banyak dari produk-produk tersebut yang sudah
menggunakan media sosial untuk memperkenalkan
produk-produk terbarunya kepada masyarakat, hal ini dikarenakan agar mereka
tidak harus mengeluarkan biaya sepersen pun untuk melakukan promosi tersebut.
Tidak hanya itu saja, produsen tersebut dapat berinteraksi secara langsung dengan
para konsumen mereka melalui Instagram. Hal ini juga dimanfaatkan oleh para
produsen untuk mendapatkan konsumen lebih banyak lagi, terlebih lagi bila
mereka ingin mendekati konsumen yang belum pernah menggunakan produk mereka.
Selain organisasi bersifat perniagaan, organisasi jenis lainnya juga dapat
menggunakan Instagram untuk tujuan politik ataupun bidang lainnya.
Geotagging
Geotagging
Setelah memasukkan judul foto tersebut,
bagian selanjutnya adalah bagian Geotag. Bagian ini akan muncul ketika para
pengguna iDevice mengaktifkan GPS mereka di dalam iDevice mereka. Dengan
demikian iDevice tersebut dapat mendeteksi lokasi para pengguna Instagram
tersebut berada. Geotagging sendiri adalah identifikasi metadata geografis dalam situs web ataupun
foto. Dengan Geotag, para penguna dapat terdeteksi lokasi mereka telah
mengambil foto tersebut atau tempat foto tersebut telah diunggah.
Jejaring Sosial
Jejaring Sosial
Dalam berbagi foto, para pengguna juga tidak
hanya dapat membaginya di dalam Instagram saja, melainkan foto tersebut dapat
dibagi juga melalui jejaring sosial lainnya
seperti Facebook, Twitter, Foursquare, Tumblr, dan Flickr yang
tersedia di halaman Instagram untuk membagi foto tersebut.
Tanda Suka
Tanda Suka
Instagram juga memiliki sebuah fitur tanda
suka yang fungsinya memiliki kesamaan dengan yang disediakan Facebook, yaitu sebagai penanda bahwa pengguna yang lain
menyukai foto yang telah diunggah. Berdasarkan dengan durasi waktu dan jumlah
suka pada sebuah foto di dalam Instagram, hal itulah yang menjadi faktor khusus
yang mempengaruhi foto tersebut terkenal atau tidak. Namun jumlah pengikut juga
menjadi salah satu unsur yang penting membuat foto menjadi terkenal. Bila
sebuah foto menjadi terkenal, maka secara langsung foto tersebut akan masuk ke
dalam halaman popular tersendiri.
Popular
Popular
Bila sebuah foto masuk ke dalam halaman
popular, yang merupakan tempat kumpulan dari foto-foto popular dari seluruh
dunia pada saat itu. Secara tidak langsung foto tersebut akan menjadi suatu hal
yang dikenal oleh masyarakat mancanegara, sehingga jumlah pengikut juga dapat
bertambah lebih banyak. Foto-foto yang berada di halaman popular tersebut tidak
akan seterusnya berada di halaman tersebut, melainkan dengan berjalannya waktu
akan ada foto-foto popular baru lain yang masuk ke dalam daftar halaman dan
menggeser posisi kepopuleran foto tersebut.
Peraturan Instagram
Peraturan Instagram
Sebagai tempat untuk mengunggah foto-foto
dari masyarakat umum, ada beberapa peraturan tersendiri dari Instagram, agar
para pengguna tidak mengunggah foto-foto yang tidak sesuai dengan peraturan.
Peraturan yang paling penting di dalam Instagram adalah pelarangan keras untuk
foto-foto pornografi, dan juga mengunggah foto
pengguna lain tanpa meminta izin terlebih dahulu. Bila ada salah satu foto dari
akun yang terlihat sama oleh pengguna lainnya, makan pengguna tersebut memiliki
hak untuk menandai foto tersebut dengan bendera atau melaporkannya langsung
kepada Instagram.
Penandaan foto dengan bendera
Penandaan foto dengan bendera
Menandai foto dengan sebuah bendera berfungsi
bila pengguna ingin melakukan pengaduan terhadap penggunaan Instagram lainnya.
Hal ini dilakukan bila sebuah foto mengandung unsur pornografi, ancaman, foto curian ataupun foto yang memiliki
hak cipta. Dalam menandai sebuah foto dengan bendera (flagging),
informasi mengenai pihak yang telah menandainya akan tetap dijaga
kerahasiaannya. Para pengguna lainnya juga dapat melaporkan foto yang
bukan milik mereka di saat menemukan suatu foto dengan pelanggaran-pelanggaran
yang sama.
nah, kita udah bahas tentang apa itu instagram, sejarahnya, fitur nya, fungsi nya, sekarang kita bahas tentang cara penggunaan instagram.
1. Mendapatkan Instagram
Saat ini Instagram hanya tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Jika Anda pengguna iOS Anda dapat mengunduh aplikasi Instagram disini. Sementara jika Anda pengguna Android Anda bisa mendapatkan aplikasi Instagram melalui link ini
2. Membuat akun Instagram
Sebelum menggunakan Instagram tentu saja Anda harus memiliki akun di Instagram terlebih dahulu. Untuk membuatnya, buka aplikasi Instagram yang baru saja Anda install. Di halaman awal Instagram Anda akan dihadapkan pada dua opsi yakni register dan login. Karna Anda ingin membuat akun baru maka klik Register. Masukkan data-data yang diminta termasuk username dan password. Gulir layar kebawah dan klik tombol register yang berwarna hijau. Ikuti proses register sampai selesai
3. Mengenal antarmuka Instagram
Jika sudah berhasil membuat akun di Instagram kini saatnya untuk mengenal antarmuka dari Instagram. Instagram memiliki beberapa menu utama yang terletak di bagian bawah layar seperti ditunjukkan pada gambar dibawah ini
4. Mengganti foto profil
Untuk mengganti foto profile klik menu Profile seperti yang dijelaskan pada gambar diatas. Tap pada foto profil untuk memilih foto baru. Anda dapat menggunakan foto profil di Facebook maupun Twitter. Selain itu Anda juga dapat menggunakan foto yang ada di gallery smartphone Anda maupun mengambil langsung dari kamera smartphone
5. Mengubah informasi bio
Untuk mengubah informasi bio, masih dari menu yang sama. Tap link Edit your profile untuk menampilkan opsi edit. Di menu ini Anda bisa mengubah nama, username, website, bio, serta password
6. Mencari teman di Instagram
Agar timeline Anda dihiasi oleh foto-foto menarik dari teman maupun akun favorite Anda, Anda bisa mencari teman maupun akun yang Anda inginkan. Anda bisa mencari teman melalui informasi kontak di smartphone Anda maupun teman Facebook. Anda juga bisa mencari teman berdasarkan nama maupun username.
Untuk mencari teman di Instagram, kembali masuk ke menu Profile. Klik icon tiga titik yang berada di pojok kanan atas untuk menampilkan menu Options. Pilih Find Friends
7. Mulai mengupload foto
Inti dari penggunaan Instagram adalah membagikan foto. Untuk mulai mengupload foto/video, Anda dapat menekan tombol yang berada di paling tengah di menu Instagram. Anda dapat mengupload foto yang berada di daftar gallery ponsel maupun mengambil langsung menggunakan kamera ponsel. Sebagai contoh kita akan mengupload foto yang berada di daftar gallery
Pilih salah satu foto yang ingin Anda upload. Instagram mewajibkan Anda untuk meng-crop foto sebelum diupload. Tap tombol panah berwarna hijau yang berada di pojok kanan atas untuk melakukannya
Selanjutnya pilih efek yang ingin Anda terapkan pada foto yang ingin Anda upload. Jika sudah tap kembali tombol anak panah yang berada di pojok kanan atas
Berikan caption/deskripsi singkat foto Anda di field Add a caption. Anda juga dapat membagikan foto Instagram Anda di jejaring sosial lain termasuk Facebook dan Twitter. Untuk melakukannya tab saja opsi jejaring sosial yang Anda pilih sebelum mulai mengupload. Jika sudah kembali tap tombol anak panah berwarna hijau yang berada di pojok kanan atas. Tunggu proses upload sampai selesai dan Anda akan mendapati foto baru Anda di di timeline Anda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar