oke lanjut, langsung aja kali ini kita bakal bahas tentang Internet dan New Media, bahasan nya bakal berisi tentang sejarah internet, pengertian new media, contoh new media, dan cara penggunaan nya... sebener nya isi blog gw ini cuma rangkuman dari blog2 lain yang gw copas dan gw taro blog gw... hahaha maklum mahasiswa, cerdas nya keterlaluan... oke langsung aja ke sejarah internet...
SEJARAH
INTERNET
Internet merupakan
jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada
tahun1969, melalui proyek ARPAyang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka
mendemonstrasikan bagaimana dengan hardwaredan
software komputer yang berbasis
UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui
saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa
besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka
tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal
sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal
dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen
Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan
komputer yang tersebar
dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah
bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat,
yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET
hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford
Research Institute, University of
California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada
tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di
seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan
untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET
dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan
"ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti,
universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
SEJARAH
INTERNET DUNIA
Sejarah Internet
dimulai pada tahun 60-an, yaitu ketika Levi C. Finch dan Robert W. Taylor mulai
melakukan penelitian tentang jaringan global dan masalah interoperabilitas.
Selanjutnya, beberapa program penelitian mulai dilakukan untuk melihat
mekanisme pengaitan jaringan-jaringan yang berbeda secara fisik. Salah satu
solusi yang muncul dari penelitian-penelitian tersebut adalah teknik packet
switching. Pada teknik packet switching, data atau file berukuran besar yang
akan dikirim melalui jaringan komputer terlebih dahulu dipotong menjadi paket
kecil-kecil agar lebih mudah ditangani dan lebih Andal. Peneliti utama dalam
pengembangan packet switching ini adalah Donald Davies (NPL), Paul Baran (RAND
Corporation), Leonard Kleinrock dan kawan-kawan (MIT) dan UCLA Research
Programs.
Pada tahun 1969, Robert Taylor yang baru dipromosikan sebagai kepala kantor pemrosesan informasi di DARPA (Badan Riset Angkatan Bersenjata Amerika Serikat) bermaksud mengimplementaskan ide untuk membuat sistem jaringan yang saling terhubung. Bersama Larry Robert dari MIT, Robert Taylor memulai proyek yang kemudian dikenal sebagai ARPANET. Sambungan pertama ARPANET terbentuk antara University of California, Los Angeles (UCLA) dan Stanford Research Institute (SRI) pada jam 22:30 tanggal 29 Oktober 1969. Pada tanggal 5 Desember 1969, ada dua jaringan lagi yang yang bergabung, yakni University of Utah dan University of California, Santa Barbara sehingga total terdapat empat (4) simpul jaringan. ARPANET yang berbasis pada teknologi ALOHAnet berkembang sangat cepat. Pada tahun 1981, jumlah simpul yang tersambung menjadi 213.
Selain jaringan untuk penelitian seperti ARPANET dan X.25, para hobbiis komputer juga mengembangkan teknik jaringan sendiri yang kemudian cukup populer, yaitu UUCP. Masalah terbesar pada teknik ini adalah bagaimana supaya berbagai jenis peralatan jaringan, seperti telepon, radio, kabel LAN yang secara fisik sangat berbeda dapat berkomunikasi satu sama lain. Keberagaman media fisik jaringan mendorong pengembangan tatacara komunikasi (protokol komunikasi) yang mampu melakukan internetworking, sehingga banyak jaringan kecil dapat saling tersambung menjadi satu menjadi jaringan komputer maha besar.
Kumpulan tata cara komunikasi atau protokol Internet memungkinkan jaringan komputer dibangun menggunakan saluran fisik yang berbeda. Dalam bahasa yang sederhana, komputer yang terhubung menggunakan telepon, dapat berkomunikasi dengan komputer yang tersambung ke jaringan LAN maupun jaringan radio. Hal ini mendorong terjadinya inter-network (antar jaringan) secara global yang kemudian hari kita kenal sebagai “Internet”.
Selain protokol Internet, hal lain yang tidak kalah penting dalam perkembangan Internet adalah metode pengalamatan di Internet. Jon Postel dari Information Science Institute (ISI) di University of Southern California (USC) adalah orang yang sangat berjasa di balik berbagai alokasi alamat IP Internet, manajemen Domain Name System (DNS), tipe media, dan berbagai alokasi nomor untuk tata cara komunikasi penting di Internet. Hingga wafatnya pada tanggal 16 Oktober 1998, Jon Postel mengelola Internet Assigned Numbers Authority (IANA). Pada tanggal 21 Juli 1998, Jon Postel memperoleh Silver Medal dari International Telecommunications Union (ITU) atas jasa-jasanya membangun Internet di dunia. Saat ini, IANA dioperasikan oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).
Komersialisasi dan privatisasi Internet mulai terjadi pada tahun 1980-an di Amerika Serikat dengan di ijinkannya Internet Service Provider (ISP) untuk beroperasi. Internet mulai booming pada tahun 1990-an. dan menjadi kunci pemicu perubahan dalam budaya dan dunia usaha. Internet menawarkan pola komunikasi cepat menggunakan e-mail, diskusi bebas di forum, dan Web.
Pada tahun 1969, Robert Taylor yang baru dipromosikan sebagai kepala kantor pemrosesan informasi di DARPA (Badan Riset Angkatan Bersenjata Amerika Serikat) bermaksud mengimplementaskan ide untuk membuat sistem jaringan yang saling terhubung. Bersama Larry Robert dari MIT, Robert Taylor memulai proyek yang kemudian dikenal sebagai ARPANET. Sambungan pertama ARPANET terbentuk antara University of California, Los Angeles (UCLA) dan Stanford Research Institute (SRI) pada jam 22:30 tanggal 29 Oktober 1969. Pada tanggal 5 Desember 1969, ada dua jaringan lagi yang yang bergabung, yakni University of Utah dan University of California, Santa Barbara sehingga total terdapat empat (4) simpul jaringan. ARPANET yang berbasis pada teknologi ALOHAnet berkembang sangat cepat. Pada tahun 1981, jumlah simpul yang tersambung menjadi 213.
Selain jaringan untuk penelitian seperti ARPANET dan X.25, para hobbiis komputer juga mengembangkan teknik jaringan sendiri yang kemudian cukup populer, yaitu UUCP. Masalah terbesar pada teknik ini adalah bagaimana supaya berbagai jenis peralatan jaringan, seperti telepon, radio, kabel LAN yang secara fisik sangat berbeda dapat berkomunikasi satu sama lain. Keberagaman media fisik jaringan mendorong pengembangan tatacara komunikasi (protokol komunikasi) yang mampu melakukan internetworking, sehingga banyak jaringan kecil dapat saling tersambung menjadi satu menjadi jaringan komputer maha besar.
Kumpulan tata cara komunikasi atau protokol Internet memungkinkan jaringan komputer dibangun menggunakan saluran fisik yang berbeda. Dalam bahasa yang sederhana, komputer yang terhubung menggunakan telepon, dapat berkomunikasi dengan komputer yang tersambung ke jaringan LAN maupun jaringan radio. Hal ini mendorong terjadinya inter-network (antar jaringan) secara global yang kemudian hari kita kenal sebagai “Internet”.
Selain protokol Internet, hal lain yang tidak kalah penting dalam perkembangan Internet adalah metode pengalamatan di Internet. Jon Postel dari Information Science Institute (ISI) di University of Southern California (USC) adalah orang yang sangat berjasa di balik berbagai alokasi alamat IP Internet, manajemen Domain Name System (DNS), tipe media, dan berbagai alokasi nomor untuk tata cara komunikasi penting di Internet. Hingga wafatnya pada tanggal 16 Oktober 1998, Jon Postel mengelola Internet Assigned Numbers Authority (IANA). Pada tanggal 21 Juli 1998, Jon Postel memperoleh Silver Medal dari International Telecommunications Union (ITU) atas jasa-jasanya membangun Internet di dunia. Saat ini, IANA dioperasikan oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).
Komersialisasi dan privatisasi Internet mulai terjadi pada tahun 1980-an di Amerika Serikat dengan di ijinkannya Internet Service Provider (ISP) untuk beroperasi. Internet mulai booming pada tahun 1990-an. dan menjadi kunci pemicu perubahan dalam budaya dan dunia usaha. Internet menawarkan pola komunikasi cepat menggunakan e-mail, diskusi bebas di forum, dan Web.
Nah, kurang lebih begitu sejarah internet... pusing ya baca nya? sama... hahaha
kita lanjut ke pengertian+contoh new media :)
Definisi
New Media
New Media adalah media yang
didalamnya terdiri dari gabungan berbagai elemen. Itu artinya terdapat
konvergensi media di dalamnya, dimana beberapa media dijadikan satu, itu baru
disebut new media. Contohnya : Seperti QuickTime movies, suara yang dimasukkan
secara terpisah dan berjalan selama film berjalan. Karena tiap-tiap elemen
memiliki independensi masing-masing, maka masing-masing dapat dimodifikasi /
di-edit kapanpun.
New Media adalah media dapat mengoperasikan sifat otomatis dalam berbagai
perangkatnya. Contohnya: Program edit gambar seperti Photoshop dapat dengan
otomatis memperbaiki gambar hasil scan, membersihkan gambar dan meningkatkan
kontras gambar.
Lev Manovich dalam pengantar
Reader New Media, New Media mendefinisikan dengan menggunakan delapan proposisi
sederhana dan ringkas:
1. Media baru versus Cyberculture - Cyberculture adalah berbagai fenomena sosial yang
berkaitan dengan internet dan jaringan komunikasi (blog, online multi-player
game), sedangkan New Media adalah lebih peduli dengan benda-benda budaya dan
paradigma (digital untuk televisi analog, iPhone).
2.
New Media sebagai Teknologi Komputer Digunakan sebagai
Platform Distribusi - New Media adalah obyek budaya yang menggunakan
teknologi komputer digital untuk distribusi dan pameran. misalnya (setidaknya
untuk sekarang) internet, situs Web, multimedia komputer, Blu-ray disk dll
Masalah dengan hal ini adalah bahwa definisi harus direvisi setiap beberapa
tahun. Istilah "media baru" tidak akan "baru" lagi, karena
kebanyakan bentuk budaya akan didistribusikan melalui komputer.
3. New Media sebagai Data Digital
Dikendalikan oleh Software -
Bahasa New Media didasarkan pada asumsi bahwa, pada kenyataannya, semua benda
budaya yang mengandalkan representasi digital dan komputer-berbasis pengiriman
melakukan berbagi sejumlah kualitas umum. Media baru dikurangi menjadi data
digital yang dapat dimanipulasi oleh perangkat lunak sebagai data lainnya.
Sekarang operasi media dapat membuat beberapa versi dari objek yang sama.
Contohnya adalah gambar disimpan sebagai data matriks yang dapat dimanipulasi
dan diubah sesuai dengan algoritma tambahan yang diimplementasikan, seperti
inversi warna, abu-abu-skala, mengasah, rasterizing, dll
4. New Media sebagai Mix Budaya Antara
Konvensi yang ada dan Konvensi Perangkat Lunak - "Media Baru hari ini dapat dipahami sebagai campuran
antara konvensi budaya yang lebih tua untuk representasi data, akses, dan
manipulasi dan konvensi terbaru dari representasi data, akses, dan manipulasi
itu. "tua" Data adalah representasi dari realitas visual dan
pengalaman manusia, dan "baru" Data adalah data numerik komputer ini
terus keluar dari tombol "kreatif" keputusan, dan didelegasikan
kepada posisi teknisi.. " misalnya Dalam film, perangkat lunak digunakan
di beberapa daerah produksi, dalam diri orang lain dibuat menggunakan animasi
komputer.
5. New Media sebagai Estetika yang
menemani Tahap Awal Baru Setiap Media modern dan Teknologi Komunikasi - "Sementara kiasan ideologis memang tampaknya akan
muncul kembali lebih teratur, strategi estetik banyak mungkin muncul kembali
dua atau tiga kali ... Agar pendekatan ini akan benar-benar berguna itu tidak
akan cukup untuk hanya nama strategi dan kiasan dan untuk merekam momen
penampilan mereka, melainkan kita harus mengembangkan analisis yang
komprehensif banyak lagi yang berkorelasi sejarah teknologi dengan sosial,
sejarah politik, dan ekonomis atau periode modern. "
6. New Media sebagai Eksekusi Cepat
Eksekusi Algoritma Sebelumnya secara manual atau melalui Teknologi Lain - Komputer adalah mempercepat-besar apa yang sebelumnya
teknik manual. kalkulator misalnya. "Secara dramatis mempercepat eksekusi
membuat mungkin sebelumnya tidak ada teknik yang representasional." Hal
ini juga memungkinkan banyak bentuk-bentuk baru seni media seperti multimedia
interaktif dan permainan komputer. "Pada satu tingkat, sebuah komputer
digital modern hanyalah sebuah kalkulator cepat, kita tidak harus mengabaikan
identitas lainnya:. Yang dari alat kontrol sibernetik"
7. New Media sebagai Encoding dari
Avant-Garde Modernis;. New Media sebagai Metamedia - Manovich menyatakan bahwa tahun 1920 lebih relevan dengan
New Media daripada jangka waktu lainnya Meta-media yang bertepatan dengan
postmodernisme dalam bahwa mereka berdua bekerja mengolah tua daripada
menciptakan yang baru bekerja. Media baru avant-garde "adalah tentang
cara-cara baru untuk mengakses dan memanipulasi informasi" (hypermedia misalnya,
database, mesin pencari, dll). Meta-media adalah sebuah contoh bagaimana
kuantitas dapat berubah menjadi kualitas seperti dalam teknologi media baru dan
teknik manipulasi dapat "recode estetika modernis menjadi estetika
postmodern sangat berbeda."
New Media
sebagai Artikulasi Paralel Gagasan serupa di Pasca-Perang Dunia II Seni dan
Komputasi Modern - Pasang Seni Perang Dunia II atau
"kombinatorik" melibatkan menciptakan gambar dengan sistematis
mengubah parameter tunggal. Hal ini mengarah pada penciptaan atau gambar sangat
mirip dan struktur spasial. "Ini menggambarkan bahwa algoritma, ini bagian
penting dari media baru, tidak tergantung pada teknologi, tetapi dapat
dijalankan oleh manusia.”
Contoh Aplikasi New Media:
-Twitter
-Facebook
-Friendster
-Path
-Instagram
-Dll
Analisis 2 Contoh dari Aplikasi New Media :
Twitter
Twitter berawal dari sebuah diskusi
yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam
pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa
menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil.
Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006.
Twitter menjadi perusahaan sendiri
pada bulan April 2007.Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan
dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa
mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan
yang disebut kicauan (tweets).
Kicauan adalah teks tulisan hingga
140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa
dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar
teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang
dikenal dengan sebutan pengikut.
Kelebihan twitter adalah :
1. Alat komunikasi yang cepat dan tanggap.
2. Semua orang bisa mengikuti orang lain, kecuali diblokir.
3. Tak perlu log in untuk mendapatkan update, karena bisa menggunakan pembaca RSS.
4. Navigasi yang mudah dan tampilan yang sederhana.
5. Pengguna yang memiliki banyak pengikut, berpotensi mendatangkan iklan, sehingga bisa menguntungkan penggunanya.
6. Bisa mengganti tema, background, maupun warnanya.
7. Bebas dari banner iklan
8. Mudah dinavigasi dan memperbarui, “link to” dan mempromosikan apapun.
9. Menjangkau lebih luas tidak hanya antara teman
10. Satu feed untuk semua pengguna dan siapa pun dapat mengikuti orang lain kecuali diblokir
11. Alat komunikasi yang murni dan cepat tanggap
12. Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka
14. Banyak aplikasi lain maupun widget yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll)
15. Pesan teks SMS berpotensi untuk memberi pendapatan dari jaringan nirkabel
16. Potensi periklanan di masa mendatang atau perusahaan berbasis langganan
17. Twitter mungkin lebih terukur dari Facebook dan memberikan keuntungan biaya
Kekurangan twitter adalah :
1. Terbatas hanya bisa menuliskan teks 140 karakter.
2. Mudah disalahgunakan untuk melakukan spam.
3. Belum jelas bagaimana strategi monetisasinya.
4. Tidak bisa mengelompokkan mana teman, keluarga, atau orang lain.
5. Tidak dapat menulis informasi profil lengkap pemiliknya.
6. Kemampuan terbatas: menemukan orang-orang, mengirim pesan singkat, balasan langsung
7. Tidak semua orang menemukan manfaat langsungnya
8. Lebih menekankan pada penghitungan follower
9. Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan
10. Relatif lebih kecil basis pengguna diinstal
11. Belum ada strategi keuangan yang mudah dan jelas
1. Alat komunikasi yang cepat dan tanggap.
2. Semua orang bisa mengikuti orang lain, kecuali diblokir.
3. Tak perlu log in untuk mendapatkan update, karena bisa menggunakan pembaca RSS.
4. Navigasi yang mudah dan tampilan yang sederhana.
5. Pengguna yang memiliki banyak pengikut, berpotensi mendatangkan iklan, sehingga bisa menguntungkan penggunanya.
6. Bisa mengganti tema, background, maupun warnanya.
7. Bebas dari banner iklan
8. Mudah dinavigasi dan memperbarui, “link to” dan mempromosikan apapun.
9. Menjangkau lebih luas tidak hanya antara teman
10. Satu feed untuk semua pengguna dan siapa pun dapat mengikuti orang lain kecuali diblokir
11. Alat komunikasi yang murni dan cepat tanggap
12. Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka
14. Banyak aplikasi lain maupun widget yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll)
15. Pesan teks SMS berpotensi untuk memberi pendapatan dari jaringan nirkabel
16. Potensi periklanan di masa mendatang atau perusahaan berbasis langganan
17. Twitter mungkin lebih terukur dari Facebook dan memberikan keuntungan biaya
Kekurangan twitter adalah :
1. Terbatas hanya bisa menuliskan teks 140 karakter.
2. Mudah disalahgunakan untuk melakukan spam.
3. Belum jelas bagaimana strategi monetisasinya.
4. Tidak bisa mengelompokkan mana teman, keluarga, atau orang lain.
5. Tidak dapat menulis informasi profil lengkap pemiliknya.
6. Kemampuan terbatas: menemukan orang-orang, mengirim pesan singkat, balasan langsung
7. Tidak semua orang menemukan manfaat langsungnya
8. Lebih menekankan pada penghitungan follower
9. Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan
10. Relatif lebih kecil basis pengguna diinstal
11. Belum ada strategi keuangan yang mudah dan jelas
Facebook
Facebook adalah salah satu dari sekian banyak Social Network atau Situs
Jejaring Sosial yang ada di jagad web. Bila anda sebelumnya telah mengenal
MySpace atau Friendster, maka Facebook pun tak jauh berbeda seperti kedua
Social Network tersebut. Facebook pertama kali hadir pada bulan Februari 2004
dengan Mark Zuckerberg sebagai pendirinya. Di awal-awal berdirinya, Facebook
hanya ditujukan untuk kalangan Mahasiswa Universitas Harvard. Baru di tahun
2005 Facebook membuka keanggotaan untuk kalangan anak sekolah. Setahun kemudian
tepatnya tahun 2006 Facebook membuka keanggotaan secara universal alias siapa
saja, dari belahan bumi manapun, orang bisa bergabung dengan Facebook
Manfaat Facebook
Facebook telah menjadi situs sosial networking terbesar saat ini, ada bagitu banyak manfaat facebook yang bisa kita gunakan. Berikut adalah beberapa manfaat facebook yang sangat terasa dalam kehidupan manusia di zaman sekarang ini Ala Koswara :
Manfaat Facebook
Facebook telah menjadi situs sosial networking terbesar saat ini, ada bagitu banyak manfaat facebook yang bisa kita gunakan. Berikut adalah beberapa manfaat facebook yang sangat terasa dalam kehidupan manusia di zaman sekarang ini Ala Koswara :
- Sebagai Tempat Untuk Mencari Teman, manfaat yang paling terasa dari bintang adalah kita dapat menjumpai teman lama kita disini.
- Tempat promosi, bisa menjadi media promosi yang sangat efektif. Saya sendiri sudah memanfaatkannya facebook dengan menggunakan Halaman The Koswara Blogs sebagai tempat promosi situs saya.
- Tempat diskusi, salah satu fitur di situs jejaring sosial ini adalah group, yang berfungsi seperti forum. Anda bisa berdiskusi tentang apapun.
- Sebagai Tempat Untuk Menjalin Hubungan, Contohnya mencari pacar, karena di facebook mudah saja kita mendapatkan seorang pacar.
- Sebagai Tempat Belajar Dan Bermain, disamping untuk bermain, di facebook juga bisa digunakan untuk mempelajari ilmu ilmu yang belum pernah kita temukan sebelumnya.
Kelebihan facebook adalah :
1. Tampilannya lebih sederhana dan clean, tidak banyak iklan yang dipajang disana-sini, hanya ada dua iklan saja yang otomatis berubah.
2. Memiliki fasilitas tag foto, jadi dalam sebuah foto kita bisa memberikan keterangan pada foto tersebut, ketika kursor mouse kita arahkan tentu saja akan berisi keterangan mengenai apa yang ada dalam foto tersebut, seperti nama masing-masing orang yang ada dalam foto.
3. Memiliki aplikasi yang jumlahnya cukup banyak.
4. Memiliki fasilitas chat, kita bisa chat secara langsung dengan teman kita kalau sedang online.
5. Memiliki fasilitas untuk mengiklankan produk atau usaha yang kita miliki.
6. Proses request friend yang tidak ribet, untuk merequest cukup dengan meng-add dan memasukan kode captcha(security code) saja.
7. Informasi yang ditampilkan di facebook umumnya adalah data personality yang dibuat dengan benar.
8. Memiliki fasilitas Privacy Setting, kamu bisa mengeset siapa saja yang boleh mengakses informasi di profile kamu, dan siapa yang tidak diperbolehkan.
Kekurangan facebook adalah :
1. Uncustomize, artinya facebook belum mengijinkan usernya untuk memodifikasi template, warna, kursor, background dan lainnya.
2. Banyaknya aplikasi yang di pasang di facebook terkadang membuat aksesnya menjadi lebih lambat, untuk itu mendingan kamu sesuaikan saja aplikasi sesuai dengan kebutuhan.
3. Facebook terkadang lama untuk di akses, mungkin karena usernya sudah banyak.
4. Fitur chat yang masih sangat sederhana.
5. Banyak user facebook lama(old facebook) yang tidak menyukai tampilan facebook yang baru.
1. Tampilannya lebih sederhana dan clean, tidak banyak iklan yang dipajang disana-sini, hanya ada dua iklan saja yang otomatis berubah.
2. Memiliki fasilitas tag foto, jadi dalam sebuah foto kita bisa memberikan keterangan pada foto tersebut, ketika kursor mouse kita arahkan tentu saja akan berisi keterangan mengenai apa yang ada dalam foto tersebut, seperti nama masing-masing orang yang ada dalam foto.
3. Memiliki aplikasi yang jumlahnya cukup banyak.
4. Memiliki fasilitas chat, kita bisa chat secara langsung dengan teman kita kalau sedang online.
5. Memiliki fasilitas untuk mengiklankan produk atau usaha yang kita miliki.
6. Proses request friend yang tidak ribet, untuk merequest cukup dengan meng-add dan memasukan kode captcha(security code) saja.
7. Informasi yang ditampilkan di facebook umumnya adalah data personality yang dibuat dengan benar.
8. Memiliki fasilitas Privacy Setting, kamu bisa mengeset siapa saja yang boleh mengakses informasi di profile kamu, dan siapa yang tidak diperbolehkan.
Kekurangan facebook adalah :
1. Uncustomize, artinya facebook belum mengijinkan usernya untuk memodifikasi template, warna, kursor, background dan lainnya.
2. Banyaknya aplikasi yang di pasang di facebook terkadang membuat aksesnya menjadi lebih lambat, untuk itu mendingan kamu sesuaikan saja aplikasi sesuai dengan kebutuhan.
3. Facebook terkadang lama untuk di akses, mungkin karena usernya sudah banyak.
4. Fitur chat yang masih sangat sederhana.
5. Banyak user facebook lama(old facebook) yang tidak menyukai tampilan facebook yang baru.
Nah, sekarang gw mau kasih tau cara daftar dan menggunakan twitter.
Cara Membuat Akun Twitter
Cara Mendaftar di Twitter - Twitter
adalah sosial network yang sangat booming didunia, setelah facebook.
satu yang kas dari twitter ini adalah pengguna hanya dapat mengirim pesan text
sepanjang 140 karakter yang kemudian dikenal dengan sebutan kicauan atau tweet.
Walaupun sama sama jejaring sosial, facebook sangat berbeda dengan twitter,
oleh karena itu mengapa setiap pengguna twitter pasti punya facebook.
Membuat Akun Twitter
1. buka halaman twitter.com
2. pada kotak new twitter, isilah nama, email dan password
3. kemudian lengkapi kembali data anda
Membuat Akun Twitter
1. buka halaman twitter.com
2. pada kotak new twitter, isilah nama, email dan password
3. kemudian lengkapi kembali data anda
Setelah semuanya, jangan lupa tuk membuka email anda dan
klik link verifikasi akun twitter anda
Cara
Menggunakan Twitter
1.
Melengkapi Profil
Profil atau biografi adalah hal yang penting dalam jejaring
sosial, karena ini mengenai tentang bagaimana seseorang mengenal Anda, jadi hal
ini juga bereran langsung dalam meningkatkan follower Anda. Pada umumnya
pengguna twitter lebih suka memfollow akun dengan biografi yang jelas.
karena itu pastikan anda mengisinya dengan benar, tidak perlu terlihat cukup
bagus, cukup dengan memberikan data singkat dan topiik yang kita sukai sehingga
profil kita akan terlihat lebih menarik untuk difollow
2.
Mengupdate Tweet
Sama halnya dengan mengupdate status di facebook, twitter
juga demikian. Perbedaan yang paling mencolok diantara keduanya adalah pada twitter,
tulisannya dibatasi sebanyak 140 karakter, kenapa? namanya juga kicauan,jadi
tidak ada yang panjang. Selain tulisan, kita juga bisa menambahkan link dan
foto pada tweet tersebut
3.
Diskusi dengan kata kunci tertentu
Nah ini dia fitur yang baru baru ini
juga terdapat di facebook. Fitur ini sendiri disebut juga dengan hastag,
penggunaannya diawali dengan karakter pagar "#". Setiap pengguna
dapat berkumpul dalam satu hastag. setelah di post, maka hastag tersebut muncul
sebagai link, ketika kita klik linknya maka itulah pengguna yang sedang
membicarakan hal yang sama dengan kita.
Dalam
pengguanan Twitter, jauhkan diri anda dari hal hal berikut:
1.
Hanya memposting yang isinya Promosi
ini tidak berlaku bagi semua pengguna, kalau penggunanya
memang menggunakan nama akun dan logo untuk berjualan sih tidak masalah,
nah bagaimana kalau individu yang melalukan itu, terus berulang ulang lagi,
bisa bisa ia kehilangan sebagian followernya
2.
Terlalu pelit memfollow orang lain
terkadang twitter itu ia juga mengikuti hukum newton 3, F
aksi = F reaksi. Kalau kita mau banyak yang follow, maka kita juga harus banyak
memfollow orang. Entar setelah difollow jangan lupa tuk meninggalkan tweet di
timeline nya,, "follbek ya :D "
Beberapa
istilah penting Twitter
- Reply: istilah ini digunakan jika kita ingin membalas tweet yang ditujukan pada kita. Maka dari itu, jika ingin memberi merespon atau membalas tweet orang yang kita ikuti bisa dengan klik tombol “Reply”.
- ReTweet atau RT: istilah ini artinya mengulang dan digunakan untuk men-Tweet ulang Tweet seseorang yang kita anggap penting, bermanfaat, atau keren. Sehingga apa yang kita ReTweet tersebut akan dilihat juga oleh follower kita.
- Follower (pengikut): istilah ini digunakan bagi mereka yang menjadi pengikut kita di Twitter. Para follower ini akan mendapatkan update dari tweet yang kita buat.
- Following (mengikuti): istilah digunakan untuk akun twitter yang di ikuti. Maka jika kita mengikuti (following) akun twitter orang lain maka kita juga akan menerima update dari mereka.
- @ (mention) : simbol @ tersebut disebut juga Mention yang berfungsi untuk memberi pesan atau seruan yang ditujukan pada orang yang follow kita. Misalnya menulis tweet “@Guecakep di tunggu traktiranya “, artinya pesan tersebut menyeru pada pemilik akun twitter dengan ID Guecakep.
- Trending Topic: Merupakan istilah yang digunakan untuk topik atau isu yang sedang booming ramai dibahas di Twitter. Trending topik ini bisa menampilkan topik trend secara global maupun regional, tergantung pengaturan kita.
- Direct Message (DM) : Fitur yang digunakan untuk mengirim pesan pribadi dan hanya akan dilihat oleh penerima DM saja.
- Connect : ini adalah fitur baru Twitter Connect yang berfungsi untuk mengetahui segala aktifitas yang terjadi di twitter, mulai dari mention, retweet, tweet favorit, orang yang mem-follow, dan interaksi pengguna dengan pengguna lain.
Special Thanks buat sumber2 di bawah ini :D
sumber :
http://laoderahmatputra.blogspot.com/2013/10/pengertian-new-media.html
http://lestariyunita10.blogspot.com/2013/09/sejarah-dan-perkembangan-internet-di.html
http://www.bangmu2.com/2013/06/kelebihan-dan-kekurangan-facebook-dan.html
http://koswarablogs.blogspot.com/2012/04/arti-manfaat-kerugian-dan-keuntungan.html?showComment=1413724674743#c5300031117600857867
http://echokita.blogspot.com/2014/02/cara-menggunakan-twitter.html?showComment=1413725154061#c2356821445021577631
Tidak ada komentar:
Posting Komentar